Langsung ke konten utama

Tahun 2012 #JejakKeduapuluh


Time sure flies fast. Tidak terasa beberapa jam lagi akan memasuki tahun 2013. Secara luas tahun 2012 diawali dengan kekhawatiran adanya kiamat pada 21 Desember 2012. Namun nyatanya alhamdulillah saat itu belum datang dan hal tersebut hanya isu belaka. Bagiku tahun 2012 diawali dengan persiapan jiwa dan raga untuk memasuki semester 6. Semester yang konon kabarnya paling menyeramkan untuk S1 Teknik Lingkungan. Entah kesombongan diri atau kepercayaan diri yang berlebihan, aku tenang-tenang saja mengawali ‘neraka’ itu. Hari pertama, kuliah pertama adalah PALDOM. Benar-benar kesan yang sangat tidak menyenangkan. Pemilihan kelompok yang sangat lama juga tidak bisa dilupakan. Entah karena kita telah mengetahui sifat satu sama lain atau keegoisan pribadi untuk bisa melewati ‘neraka’ ini dengan selamat. Hanya diri sendirilah yang tahu. Tidak. Semua orang tahu apa jawabannya. Dari awal yang sudah tidak menyenangkan itu, kehidupan di ‘neraka’ pun dimulai. Kemudian mulailah timbul masalah demi masalah. Tiap kelompok memiliki masalahnya sendiri. Tidak dapat dipungkiri, masalah juga terjadi di kelompokku. Namun, karena perasaan yang tidak enak untuk menegur akhirnya kami terbiasa dengan kekurangan masing-masing anggota kelompok. Alhamdulillah tidak ada masalah besar yang terjadi. satu kekurangan terbesar kelompokku adalah deadliner. Haha.. lucu juga kalau mengingat masa-masa mengerjakan tugas bareng di lobi K. Di sini aku tekankan bahwa aku sangat bersyukur bisa satu kelompok dengan kalian. Tanpa kamu, kamu dan kamu, tidak akan akan ada Kelompok 8 yang menyenangkan. Akhir dari kehidupan ‘neraka’ ini, kami semua bisa melewati semua mata kuliah tanpa ada satu mata kuliah yang tertinggal. Sederhana namun sangat patut untuk disyukuri. Alhamdulillah. 

Setelah melewati semester 6 yang penuh derita, ada penderitaan baru bernama KP. Sistem KP di dept itu benar-benar tidak jelas. Terutama untuk TL. Tidak ingin mengingat karena menyebalkan. Setelah mengalami berbagai proses dan permasalahannya, aku pun KP di salah satu proyek yang ada di Sawangan. Pembimbing lapanganku orangnya sangat baik dan juga humoris. Orang sunda yang selalu menggunakan huruf ‘p’. para pekerja di sana juga sangat welcome kepada kami. Aku senang dengan KP, karena melatih kemampuan komunikasi dengan orang lain (jadi inget sesuatu #lupakan). Selain itu juga jadi lebih memahami sipil itu seperti apa. Menyenangkan. Aku harus bilang di lapangan itu menyenangkan. Karena dunia ini berputar, tentu tidak semua hal menyenangkan. Hal yang paling tidak menyenangkan adalah kelompok KP ku. Tidak perlu disebut yang mana. Karena sebenarnya sama saja. Truthfully so sick with them. Maybe they feel the same feeling. But I don’t care. Aku tidak mau sekelompok dengan mereka lagi. maaf. Tapi dampaknya sungguh traumatis. Begitu banyak masalah yang terjadi. kalau mengingatnya jadi kesal dan ingin marah. Seriously! Tapi aku tahu bahwa ‘everything happens for a reason’. Pasti ada dan memang ada hikmahnya dibalik semua ini. Alhamdulillah sidang KP yang dimajukan sehari sebelumnya berjalan dengan lancar. Yang tersisa hanyalah revisi yang harus dikumpulkan sebelum tanggal 18 Januari 2013.

Di kedua semester terakhir ini (AMIEN!!), aku mengambil kembali mata kuliah struktur yang masih tertinggal. Harapanku semoga aku bisa mengalahkan mata kuliah struktur itu dan bisa melangkah ke depan dengan lebih tenang. Ya Allah, aku benar-benar berharap agar tidak bertemu lagi dengan mata kuliah yang satu itu. Kabulkan doa hamba Ya Allah. AMIEN.. :’( Selain itu masih ada seminar. Hmmm.. bagaimana ya. Aku bingung menguraikannya menjadi kata-kata.. Seminarku, RECP, terlihat mudah namun nyatanya sangat rumit. Semoga bisa melewati semua ini dengan baik Ya Allah. Saat ini belum diumumkan kapan aku maju seminar. Tapi siapa pun yang membaca postingan ini, mohon doanya untuk seminarku. Semoga lancar dan gak dibantai. AMIEN..

Oh iya. Tahun ini, aku berhasil menjadi seorang asisten. Mungkin bagi orang lain menjadi asisten itu adalah hal yang sangat biasa. Tidak ada istimewanya. Namun, menurutku menjadi asisten adalah salah satu hal yang harus dilakukan pada saat kuliah. Aku bahkan tidak terlalu peduli dengan gaji asisten. Asalkan bisa menjadi asisten itu sudah cukup buatku. Karena itu aku sangat senang saat aku bisa menjadi asisten. Dan karena itu juga aku berusaha sebaiknya untuk menjadi asisten yang baik dan benar untuk para praktikanku. Semoga selama praktikum ini, aku telah menjadi asisten yang baik bagi para praktikanku dan mereka mendapatkan ilmu dari praktikum ini. bukan sekedar ilmu untuk UAS tapi pemahaman lebih dalam mengenai mikrobiologi ini. Satu lagi, bulan januari nanti aku dan dua temanku akan menjadi asisten laboratorium mikrobiologi. Semoga aku dapat melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan tidak mengecewakan. AMIEN..

Mungkin itu sekedar curahan hati mengenai perkuliahan di tahun 2012. Selanjutnya adalah organisasi. Di akhir tahun 2011, aku memutuskan untuk membantu sang ketua di lembaga ini. sejujurnya aku tidak terlalu paham ranah lembaga ini. aku tidak pernah terlibat sebelumnya. Dan tugas sebagai sekretaris umum yang mengurusi tentang administrasi dan proker pun aku tidak terlalu menguasainya. Namun, jika ini adalah hal yang bisa aku lakukan untuk membantu temanku itu, kenapa tidak dicoba. Toh belajar hal baru itu menyenangkan kok. Semakin banyak juga orang-orang yang aku kenal melalui lembaga ini. Pengurus-pengurus lembaga ini juga sangat menyenangkan. Pada rapat pertama kita sudah bisa tertawa bersama. Seiring berjalannya waktu, aku mulai menyukai lembaga ini, lebih dari pada lembaga sebelumnya. Di sini aku bisa lebih bebas dan tidak terikat apa pun. Aku percaya lembaga ini akan menjadi semakin baik ke depannya dan pastinya akan mencapai kejayaannya kembali. Saat ini masih tahap awal. Namun beberapa tahun lagi, aku yakin lembaga ini akan menjadi lembaga yang semakin besar. Semangat untuk kepengurusan tahun 2013. I’m proud of you guys!
 
Pada tahun ini, aku juga mengikuti sebuah kepanitiaan. Secara tidak sengaja aku jatuh pada bidang yang paling bukan diriku. Berlawanan dengan sifatku. Menjadi orator itu suatu hal yang sangat luar biasa untuk aku yang pemalu dan tidak berani bicara di depan banyak orang. Karena jobdesc yang tertulis di lembar oprec yang tidak sesuai dengan aslinya, aku ada di sini. Saat latihan pertama, aku adalah orator yang paling jelek dari semua orator yang ada. Karena sudah kujelaskan sebelumnya. Bicara di depan orang itu bukan keahlianku. Aku lebih senang memperhatikan dari belakang layar. Tapi aku juga bersyukur. Dari hal ini, aku mulai berani bicara di depan banyak orang. Mungkin tidak langsung bagus, tapi setidaknya aku memiliki awal yang cukup baik. Semoga kemampuanku di bidang yang satu ini menjadi semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Amien…

Oh ya, pada akhir tahun 2012 ini kakakku ditugaskan di BPS Sulbar, tepatnya Kab. Majene. Akhirnya setelah penantian satu tahun, dilaksanakan juga prajab. Dan resmilah dia menjadi CPNS. Sekarang dia sudah ada di Mamuju. Tadi sore dia telepon bahwa keluarga papa yang di enrekang dan salokarajae datang mengunjunginya. Dengan membawa satu karung beras, satu kardus salak dan entah apa lagi. terdengar menyenangkan dan juga mengharukan. Setelah sekian lama hanya berhubungan dengan telepon, kini bisa bertemu langsung. Kata kakakku, salah satu om yang mengunjunginyaa menangis karena ingat mengenai papa. Mari kita hentikan pembicaraan ini di sini. Nanti jadi nangis. Satu lagi, si bocah kuliah di PNJ, jurusan teknik elektronika industri. Dia dapat beasiswa bidik misi. Kalau soal elektro mah si bocah jago, semoga aja nilainya bagus dan bisa mempertahankan beasiswanya.

Baiklah. Karena kaleidoskop tahun 2012 sudah ditulis semua (??), mari berlanjut kepada resolusi di tahun 2013. Sederhana sih sebenarnya. Lulus kuliah tepat waktu, yakni tepat 4 tahun. IPK di atas 3.0. serta bisa langsung dapat kerja mengenai lingkungan. Lebih baik lagi kalau di daerah Jakarta atau Tangerang. Kasian mama sendirian kalau kerjanya jauh-jauh. Semoga di tahun 2013, aku dan keluargaku masih tetap diberikan kesehatan. Amien.. 

Harapan di hari ulang tahun? Haha.. sebenarnya sedih juga ulang tahun di tanggal merah. Tapi gak apa-apa. Hanya ingin mengutarakan perasaan aja. Jadi tolong jangan salah paham. Aku juga menghapus tanggal ulang tahun di fb. Entah sudah benar-benar terhapus atau belum, kurang paham deh. Sekedar ingin tahu siapa aja yang mengingat ulang tahunku dan rasanya jadi lebih dewasa aja setelah menghapus tanggal lahir. Entahlah. Pokoknya begitu. Maaf ya aneh -__-

Untuk blogku terima kasih telah bersama di tahun 2012 ini. mohon kerja samanya di tahun 2013. Selamat tahun baru 2013 :D

Komentar

  1. semangat buat resolusi nya daay..
    semoga terwujud semuanya.

    eiya, tertarik bgt sama kutipan ini :
    "Selain itu juga jadi lebih memahami sipil itu seperti apa. Menyenangkan. Aku harus bilang di lapangan itu menyenangkan."
    Haha that's why I love Geotek :D

    1 januari kan?
    FYI, I've written several special friend's birthday in my cellphone hahaha.
    Itu karena kejadian tahun lalu, pas gw chat sama lo di YM, ttg arti penting mengingat hari ulang tahun orang2 spesial haha.

    BalasHapus
  2. oiya, "aamiin" nya ketinggalan.
    btw, gw suka dengan tema background nya, membuat tulisan2 lo bisa dibaca dengan mudah day, gak seperti biasanya dimana backrground menghalangi postingan lo :p

    BalasHapus
  3. amien.. makasih ya pe..

    entah kenapa sekarang kalo datang ke tempat baru, pasti yang dillihat itu struktur bangunannya. padahal gw gak ngerti apapun. haha..

    chat setahun lalu itu kena banget ya pe? haha.. syukurlah kalo bisa membawa hasil yang positif. i do really love little things like that.

    haha.. iya makasih pe..

    sial.. tapi emang yang kemarin itu bener2 susah dibaca sih. hoho.. tapi yang sebelum2nya kayak'a gak juga deh pe. makasih ya atas komentarnya. hoho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. chat setahun lalu itu seperti baru kemarin, cepat sekali tahun ini berlalu.. :|
      hahaha sama2 day..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hambatan Dalam Kepemimpinan

Sering menyalahkan situasi
Seorang koruptor yang dihadapkan ke pengadilan mengatakan bahwa ia sebenarnya korban situasi. Sebenarnya ia bukan korban situasi, namun ia melarutkan diri dalam situasi dan menggunakan situasi sebagai alasan untuk berbuat jahat. Situasi melahirkan pemimpin yang cocok untuk zamannya. Sejarah telah membuktikan kebenarannya. Kebanyakan panglima perang menunjukkan wibawanya pada masa peperangan tetapi tidak cocok memimpin kelompoknya pada masa damai dan tenteram. Pemimpin yang dapat melihat situasi yang dihadapi dan cerdas menanggapinya, mampu memberikan perintah pada saat yang tepat dan mengambil inisiatif. Pemimpin seperti ini tidak perlu menjadi ahli di bidangnya tetapi memahami pengetahuan umum di bidang itu. Di samping itu anda tentu saja harus memiliki kemampuan teknis dan profesional agar anda berwibawa dalam mengatur roda kepemimpinan serta mengambil keputusan yang komunikatif dan meyakinkan.
Tidak berhasil memotivasi mereka
Kebolehan seorang pemimpin berg…

Itinerary and Budget South Korea Trip [May 2016]

Setelah sepuluh postingan sebelumnya itu menceritakan tentang kejadian apa aja yang terjadi selama perjalanan gw, Nono dan Anita di Korea Selatan pada tanggal 1 – 10 Mei 2016, kali ini gw akan memposting mengenai keseluruhan itinerary kita dan juga budget gw selama traveling kemaren.
Sebelum liat itinerary aktual kita pas di Korea Selatan, ini gw kasih liat itinerary yang kita rencanain sebelum berangkat: (please click and then open image in new tab for bigger resolutions)

My Personality Test Result

I tried this personality test on http://personality.visualdna.com/
I am a Harmonizer. Harmonizer means a mediator who brings one thing into harmonious agreement with another.
Spirit: You're a Harmonizer. Loyal and honest, you're generous with your time and know how to support your friends. You value one-on-one time with your inner circle and have a few close friends who you can truly rely on. Reliable and trustworthy, you seek harmony and balance in your life. You forge strong, long-lasting friendships, and your friends value your honesty and frank opinions. You tend to value routine and security. You know how to take the good with the bad. Your balanced attitude means life feels pretty good and you're comfortable in your own skin.When it comes to improving things in your life, why would you say no to extra cash? It would be great to treat the family whenever you feel like it. The trick is to be disciplined about budgeting. If you stay on top of your finances, you'll feel …

Bye-bye South Korea! #Day10

Hari ini officially hari terakhir di Korea Selatan, karena kita harus pulang ke Jakarta. Pagi itu agak hectic gitu, karena gw yang biasanya bangun paling pagi juga agak telat bangun. Langsung buru-buru mandi dan packing. Anita sama Nono juga kayanya cuma mandi bebek aja deh. Sambil nunggu mandi, kita juga sempetin sarapan ramyeon instan yang kita beli kemaren. Tapi gw sih kurang nafsu, jadi banyak sisanya.
Pas jam setengah 6an, si Justin dateng dia nanya kita udah siap atau belom dan mau ngajak bareng ke bandara. Tapi karena kita masih riweuh dan gak enak kalo minta dia nungguin, akhirnya kita minta dia berangkat duluan aja.
Pas udah jam 6an kurang, kita akhirnya rapih dan mulai jalan ke halte. Sebelumnya tuh kita dikasih bekel camilan gitu sama Kani, karena katanya kita gak sempet sarapan. Gak lupa sempetin foto bareng dulu sama Kani sebelum pamit pulang.