Skip to main content

Pengalaman Pindah Saham

Kali ini gw mau share terkait pengalaman gw pindah saham dari Kresna Sekuritas ke BNI Sekuritas. Pindah saham ini juga sebenernya udah beberapa bulan lalu sih. Lho kok tiba-tiba share yang kayak gini?

Sebenernya sebelum gw pindah saham, gw berkali-kali googling gimana caranya pindah saham. Tapi semua artikel yang ada di internet hanya sekedar menuliskan “pindah saham” aja, tanpa memberikan informasi teknis yang detail. Oleh karena itu, gw jadi kepikiran bikin tulisan sendiri tentang pengalaman gw, siapa tau ada yang lagi nyari juga hehe…

***

Sekitar tanggal 23 Oktober 2020, gw dikabarin sama Vincent kalau Kresna Sekuritas di-suspend. Saat itu gw jadi rada panik, karena ada saham gw yang jumlahnya menurut gw lumayan di situ. Si Vincent bilang sahamnya gak apa-apa, tapi kalau gw takut dipindahin aja. Saat itu juga belum ada email resmi dari Kresna Sekuritas yang menginfokan terkait suspend ini.

 

Pengumuman Suspend Kresna Sekuritas
Info suspend dari Vincent


Gw tuh ampe nge-DM Kakanda Andhika Diskartes dong, gara-gara panik. Trus alhamdulillahnya DM gw dibales dan bahkan dimasukin IG Story dia juga. Kata Kakanda, dananya aman tapi biar enak dipindahbukukan aja sesuai arahan OJK. Trus yang harus gw lakukan adalah hubungi Kresna dan juga hubungi KSEI.


DM Kakanda Andhika Diskartes
DM Kakanda Andhika Diskartes


Hari itu juga gw email Kresna dan KSEI. Inti dari email ke Kresna adalah pengajuan pemindahan saham dan juga pencairan dana yang ada di RDN. Sementara inti dari email ke KSEI adalah meminta arahan terkait pemindahan saham dari Kresna Sekuritas ke BNI Sekuritas. Dari kedua email itu, yang dibalas duluan adalah email yang ke KSEI. Jawabannya adalah pemindahan masih dilakukan oleh Kresna Sekuritas.

 

Email dari KSEI
Balasan dari KSEI


Keesokan harinya, tanggal 24 Oktober 2020, gw baru dapat email dari Kresna terkait penghentian sementara Kresna Sekuritas.

 

Informasi dari Kresna Sekuritas
Informasi dari Kresna Sekuritas


Selain itu, gw juga dapat balasan dari email yang kemarin gw kirim. CS Kresna melampirkan formulir pemindahan saham dan formulir penarikan dana.


Balasan email dari Kresna Sekuritas
Balasan emaild dari CS Kresna Sekuritas


Formulir Pemindahan Efek
Formulir Pemindahan Efek


Formulir Penarikan Dana
Formulir Penarikan Dana


Gw kirim formulir pemindahan saham yang udah gw isi di tanggal 2 November 2020. Tanggal 5 November 2020, gw dapat email dari stafnya Kresna, intinya untuk angkat telepon dari Kresna haha… Berhubung nomor gw sering dihubungi KTA, jadinya suka males untuk angkat telepon dari nomor yang gak dikenal. Tapi setelah email itu, gak lama gw langsung dihubungi dan kira-kira isinya tentang konfirmasi pemindahan saham.

 

Email 5 November 2020
Email 5 November 2020


Tanggal 10 November 2020, gw dapat email lagi dari staf yang sama, intinya dana pemindahan saham belum tersedia. Trus gw tanya berapa biayanya. Kemudian dibales lagi, dan biayanya adalah Rp. 22.000/saham. Trus gw langsung transfer ke RDN.

 

Email 10 November 2020
Email 10 November 2020


Setelah itu, gak ada informasi lagi terkait pemindahan saham. Dari Kresna gak ada, dari BNI juga gak ada. Gw gak tau pindahnya tanggal berapa, tapi di statement account BNI Bulan November udah ada saham yang dipindahin dari Kresna. Jadi kelarlah sudah urusan perpindahan saham ini.

 

Lesson Learned

Sebenarnya proses pemindahan sahamnya sederhana dan mudah dilakukan, tapi minim informasi proses dari Kresna Sekuritas jadinya harus berkali-kali balas-balasan email dulu. Kalau di awal diinfokan bahwa selanjutnya ada konfirmasi via telepon, pasti semua telepon setelah gw kirim berkas akan gw angkat. Juga kalau di awal diinfokan terkait biaya pemindahan sahamnya, pasti akan langsung gw isi RDN, biar jumlahnya cukup.

Mungkin mereka berasumsi bahwa semua nasabahnya udah tau hal-hal terkait pemindahan saham, tapi ternyata gak semuanya tau. At the very least, I did not know. Selain itu menurut gw juga gak ada salahnya kalau mereka menginformasikan kembali proses pemindahan saham tersebut saat mereka mengirimkan formulir pemindahan saham. Toh kalau nasabahnya tau alur proses pemindahan saham, juga akan membantu pekerjaan stafnya juga. Entahlah…

Gw bersyukur udah selesai proses pemindahan sahamnya. Semoga posting-an ini bermanfaat bagi teman-teman yang juga akan melakukan pemindahan saham. Semoga lancar ya prosesnya, aamiin… Sampai jumpa di post selanjutnya!

Comments

Popular posts from this blog

Review: Novel "Harga Sebuah Percaya"

Beberapa hari yang lalu gw baru selesai baca novelnya Tere Liye yang berjudul “Harga Sebuah Percaya” . Sebelumnya gw pernah review novel “BUMI” karya Tere Liye (bisa dibaca di sini ). Sampai saat ini masih belum ada mood untuk ngelanjutin review novel “BULAN” , sekuel dari “BUMI”. :( Gw punya novel ini dari akhir Agustus 2019. Saat itu akun official Gramedia lagi diskon, akhirnya gw beli lima novel Tere Liye dan salah satunya “Harga Sebuah Percaya” ini. Empat novel lainnya masih terbungkus rapi dan gw masih belum ada mood untuk baca. Mungkin salah satunya akan segera gw baca saat liburan akhir tahun ini. Lagi pula saat ini gak ada drama Korea yang diikutin, jadi gw punya banyak waktu luang untuk baca. dokumentasi pribadi Review ini mengandung SPOILER! dan juga sangat subjektif! Jadi gak apa-apa kalau ada yang punya pendapat lain. Let’s respect each other and I’m very open for a discussion! Silahkan comment di bawah, pasti gw bales kok hehe… Overall , Nov

Puisi "Batas" oleh M. Aan Mansyur

Beberapa waktu yang lalu, gw lagi bener-bener suka sama satu puisi. Pasti udah banyak yang tau puisi ini, karena memang ia ada di film Ada Apa Dengan Cinta 2 . Puisi ini adalah puisi yang Rangga tulis untuk Cinta saat dia menuju Jakarta.  Mungkin ada yang berpendapat bahwa basi banget baru suka puisinya sekarang, padahal film AADC2 itu tayangnya udah dari 2016. But hey, it's okay to not follow the trend, isn't it? hahaha.. Tidak Ada New York Hari Ini oleh M. Aan Mansyur Semua perihal diciptakan sebagai batas. Membelah sesuatu dari sesuatu yang lain. Hari ini membatasi besok dan kemarin. Besok batas hari ini dan lusa. Jalan-jalan memisahkan deretan toko dan perpustakaan kota, bilik penjara dan kantor walikota, juga rumahmu dan seluruh tempat di mana pernah ada kita. Bandara dan udara memisahkan New York dan Jakarta. Resah di dadamu dan rahasia yang menanti di jantung puisi ini dipisah kata-kata. Begitu pula rindu, hamparan laut dalam antara pulang dan se

Hambatan Dalam Kepemimpinan

Sering menyalahkan situasi Seorang koruptor yang dihadapkan ke pengadilan mengatakan bahwa ia sebenarnya korban situasi. Sebenarnya ia bukan korban situasi, namun ia melarutkan diri dalam situasi dan menggunakan situasi sebagai alasan untuk berbuat jahat. Situasi melahirkan pemimpin yang cocok untuk zamannya. Sejarah telah membuktikan kebenarannya. Kebanyakan panglima perang menunjukkan wibawanya pada masa peperangan tetapi tidak cocok memimpin kelompoknya pada masa damai dan tenteram. Pemimpin yang dapat melihat situasi yang dihadapi dan cerdas menanggapinya, mampu memberikan perintah pada saat yang tepat dan mengambil inisiatif. Pemimpin seperti ini tidak perlu menjadi ahli di bidangnya tetapi memahami pengetahuan umum di bidang itu. Di samping itu anda tentu saja harus memiliki kemampuan teknis dan profesional agar anda berwibawa dalam mengatur roda kepemimpinan serta mengambil keputusan yang komunikatif dan meyakinkan. Tidak berhasil memotivasi mereka Kebolehan seorang pemimpin

Itinerary and Budget South Korea Trip [May 2016]

Setelah sepuluh postingan sebelumnya itu menceritakan tentang kejadian apa aja yang terjadi selama perjalanan gw, Nono dan Anita di Korea Selatan pada tanggal 1 – 10 Mei 2016, kali ini gw akan memposting mengenai keseluruhan itinerary kita dan juga budget gw selama traveling kemaren. Sebelum liat itinerary aktual kita pas di Korea Selatan, ini gw kasih liat itinerary yang kita rencanain sebelum berangkat: ( please click and then  open image in new tab  for bigger resolutions ) Rencana Itinerary di Korea Selatan